Perhatikan 10 Hal Ini Bila Mau Renovasi Rumah Murah & Cepat?

Griya Inspiratif – Renovasi rumah yang murah dan cepat bukan sesuatu yang mustahil. Memang, sekilas renovasi cepat membutuhkan banyak biaya. Biaya tersebut digunakan untuk jasa tukang dan komponen material yang harganya mahal. Akan tetapi, jika ditinjau dalam jangka panjang, renovasi relatif berharga murah. Hal-hal yang menjadi pertimbangan bahwa renovasi cepat ”berharga” murah antara lain sebagai berikut.

 

  1. Jika renovasi dilaksanakan bersamaan dengan aktivitas penghuni rumah, akan banyak pekerjaan renovasi yang tertunda oleh waktu-waktu tertentu, misalkan jam mandi, jam masak, jam beribadah, jam tidur, dan lain-lain.
  2. Jika renovasi dilakukan dengan aktivitas penghuni seperti di atas, tentu ruang gerak pekerja juga terbatas karena barang-barang peralatan rumah tangga masih dipergunakan beraktivitas oleh penghuninya.
  3. Dengan kondisi debu dan kotoran yang beterbangan, para tukang dituntut bekerja ekstra hati-hati. Akibatnya, tukang terlihat bekerja lamban sehingga menyita banyak waktu.
  4. Jika penghuni harus pindah untuk menghindari hal-hal yang berbau kotor, biaya akan bertambah.
  5. Meskipun menggunakan tukang yang lebih sedikit (misalnya 5 orang), waktunya akan yang lebih lama. Beda jika menggunakan tukang yang lebih banyak (misalnya 25 orang), pekerjaan dapat selesai dalam satu hari sehingga akan mengemat biaya.
  6. Untuk renovasi cepat digunakan komponen material bangunan yang berkualitas baik sehingga cepat kering atau selesai. Pengertian kualitas baik identik dengan berharga mahal, tetapi dalam jangka panjang relatif berumur lebih lama.
  7. Renovasi cepat diperlukan peralatan penunjang yang modern dan mahal, misalkan mesin serut, mesin profil, mesin bor, mesin gergaji, kompresor cat, mesin potong, dan lain-lain. Akan tetapi, peralatan modern tersebut mempercepat pekerjaan dan hasil pekerjaan pun lebih baik.
  8. Dalam renovasi cepat diperlukan tenaga yang profesional yang identik dengan upah mahal. Akan tetapi, hasilnya jauh lebih banyak dan lebih berkualitas dibandingkan dengan tenaga kerja yang tidak profesional.
  9. Renovasi cepat perlu ditunjang dengan daya listrik yang cukup sehingga jumlah rekening listrik akan meningkat. Hal tersebut tidak selamanya benar karena hasil kerja mesin serut dengan tenaga profesional sebanding dengan 3—4 tukang serut dengan cara konvensional. Tentunya selisih 2 atau 3 orang pekerja jauh lebih mahal dibandingkan dengan pembayaran rekening listrik.
  10. Renovasi cepat memerlukan kepala proyek yang terlatih karena dapat mengatur proyek secara optimal dan efisien sehingga tidak saling bertabrakan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *